Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga dan Tanggal Riris AMD Radeon RX 6900 XT, 6800, 6800 XT

AMD meluncurkan tiga graphic card baru di bawah seri Radeon RX 6000. Kartu grafis tersebut terdiri dari AMD Radeon RX 6800, AMD Radeon RX 6800 XT, dan andalan barunya AMD Radeon RX 6900 XT. VGA card ini diklaim sebagai graphic card tercepat yang pernah AMD buat. 

Radeon RX 6800 dan RX 6800 XT akan tersedia mulai tanggal 18 November dengan harga $579 dan $649. Adapun RX 6900 XT dirilis pada tanggal 8 Desember seharga $999.


Ketiga graphic card AMD Radeon RX 6000 series tersebut akan bersaing dengan seri GeForce RTX 3000 dari Nvidia, yang diumumkan pada awal September dan diluncurkan akhir bulan September secara global.

Sebagai gambaran, seri GeForce RTX 3000 dibandrol mulai dari $499 (untuk RTX 3070) dan naik menjadi $1.499 (untuk RTX 3090, andalan baru Nvidia). 



Meskipun graphic card baru AMD memiliki titik harga awal yang lebih tinggi yakni $579 untuk RX 6800 vs $499 untuk RTX 3070, bukan berarti produk AMD selalu lebih mahal dari Nvidia jika dibandingkan produk Nvidia yang kebanyakan memiliki harga awal lebih tinggi daripada AMD. 

Hal inilah yang akan mebuat para pengguna melirik produk tersebut. Meskipun akan sulit untuk membandingkan kinerja AMD dengan Nvidia pada saat ini, tetapi kedepannya AMD memiliki banyak amunisi lain untruk mendobrak pasar dan mendukung penjualan produk barunya.

Pertama, ada arsitektur gaming AMD RDNA 2 yang baru dan akan digunakan pada perangkat konsol PlayStation 5 dan Xbox Series S / X yang menjanjikan bakal menghadirkan performa dua kali lipat di game tertentu. 

Apa yang ditawarkan RNDNA 2? Beberapa di antaranya adalah peningkatan efisiensi energi, pengurangan latensi (berkat AMD Infinity Cache), dan peningkatan frekuensi 30 persen pada level daya yang sama. 

Ada juga dukungan untuk DirectX 12 Ultimate API yang sebelumnya terbatas pada GPU Nvidia. Ini memungkinkan ray tracing (pencahayaan waktu nyata, bayangan, dan pantulan) dan bayangan laju variabel. 

AMD mengatakan bahwa pengembang dapat mengincar kualitas dan kinerja saat ini dikombinasikan dengan AMD FidelityFX miliknya, kumpulan efek pencahayaan, bayangan, dan refleksi yang membantu rendering hybrid.

Selain itu, seri AMD Radeon RX 6000 juga mendukung AMD Smart Access Memory (ini hanya berfungsi jika Anda juga memiliki CPU seri AMD Ryzen 5000 dan motherboard AMD B550 / X570), Microsoft DirectStorage (untuk waktu pemuatan yang lebih cepat dan tekstur berkualitas tinggi), Radeon Software Performance Tuning preset (pengaturan sekali klik termasuk overclocking stabil "Rage Mode"), dan Radeon Anti-Lag (waktu respons lebih cepat).



Kekurangan AMD jika dibandingkan dengan DLSS Nvidia
Dengan DLSS, GPU Nvidia merender lebih sedikit piksel dan kemudian menggunakan "AI" untuk meningkatkannya ke resolusi yang lebih tinggi. Ini mengurangi beban pada seri RTX 3000 sambil tetap memungkinkan untuk mendekati kualitas resolusi asli. 

Sedangkan AMD memiliki teknologi sendiri yang disebut Resolusi Super, tetapi belum memberikan detail apa pun karena masih dalam pengerjaan dan tidak akan tersedia selama beberapa bulan setelah peluncuran seri Radeon RX 6000. 

Ini juga berarti ray tracing AMD tidak akan berada pada level yang sama dengan Nvidia untuk saat ini.

Baca juga:


Dalam pernyataan yang telah disiapkan, Scott Herkelman, VP AMD berkata, pengumuman hari ini adalah puncak dari bertahun-tahun R&D yang berfokus untuk menghadirkan grafis terbaik AMD Radeon ke pasar game yang antusias dan sangat antusias, dan mewakili evolusi besar dalam game PC.


Graphic Card AMD Radeon RX 6800, RX 6800 XT dan RX 6900 XT yang baru menghadirkan performa kelas dunia 4K dan 1440p dalam judul-judul AAA utama, level imersi baru dengan visual yang menakjubkan, dan fitur-fitur yang harus dimiliki yang memberikan pengalaman gaming terbaik . ”

Seri AMD Radeon RX 6000 akan mulai diluncurkan pada bulan November, dengan kartu yang ditawarkan oleh AMD, selain mitranya di ASRock, Asus, Gigabyte, MSI, PowerColor, Sapphire, dan XFX.

Posting Komentar untuk " Harga dan Tanggal Riris AMD Radeon RX 6900 XT, 6800, 6800 XT"